MASIGNASUKAv102
4527995536052318824

Cara Agar Konsisten Membuat Konten Setiap Hari

Cara Agar Konsisten Membuat Konten Setiap Hari
Add Comments
Kamis, 03 Maret 2022

Pada konten kali ini saya akan membagikan tips & trik, agar anda bisa konsisten membuat konten setiap hari. Baik itu konten YouTube, Blog, Instagram, TikTok dan lainnya.

Oke, saya tekan kan lagi disini cara konsisten membuat konten, bukan cara membuat konten di berbagai platform tersebut, karena caranya pasti berbeda. Beda jika mau membuat konten secara konsisten itu bisa satu cara.

Berikut Cara Agar Konsisten Membuat Konten Setiap Hari:

1. Ketahui Apa Halangan Anda Saat Membuat Konten atau Bahkan Penyebab Anda Tidak Bisa Membuat Konten

Ini sangat penting untuk kita bahas pertama, karena dalam membuat konten kita harus tau apa halangan atau penyebab tidak bisa membuat konten secara konsisten.

Setiap orang tentu punya penyebab dan halangannya masing-masing yang mengganggu dalam membuat konten. Bisa karena mood atau suatu kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

Jika anda sudah menemukan penyebab dan halangannya. Disini saya memberikan tips ada 2 pilihan, yaitu menghilangkan atau melawan halangannya. Apa maksudnya?.

Kita bahas "menghilangkan" terlebih dulu, jika penyebab tidak konsistennya anda dalam membuat konten itu mood atau kegiatan yang tidak bisa ditunda maka tunggu sampai mood bagus ada dan sampai kegiatan itu selesai.

Tentu ini akan memakan banyak waktu dalam membuat konten kembali, tapi setelah penyebab dan halangan itu sudah hilang, anda harus bisa membuat konten dengan banyak saat itu juga.

Untuk tips ke dua "melawan", dalam hal ini kata melawan diungkapkan untuk rasa malas di mood anda dan manajemen waktu kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

Mood seseorang memang tidak selamanya bagus terus, terkadang ada rasa malas dalam membuat konten. Banyak orang menunggu mood baik dan setelah itu membuat konten, namun dalam hal ini saya memberikan trik untuk melawan mood tersebut.

Cara melawan mood tersebut kita harus mencarinya bukan malah menunggunya, karena dengan mencari mood sebelum membuat konten akan lebih cepat waktu dari pada kita harus menunggu mood baik dulu.

Mencari mood bisa kita cari dengan melakukan hal yang kita suka, seperti mendengarkan musik yang disuka dan lain hal yang membuat mood kita naik bisa dilakukan, mood baik akan berdampak pada pembuatan konten nantinya.
2. Membuat List Dibuku Judul dan Keterangan Konten yang Akan Dibuat 1 Bulan Kedepan

Ini sangat penting sekali dalam pembuatan konten, karena dengan membuat list judul akan memudahkan anda dalam pembuatan konten berikutnya.

Disini saya sarankan untuk menulisnya dibuku, agar anda hanya fokus pada judul konten yang akan anda list. Biasanya kalau membuat listnya di handphone yang terjadi malah anda membuka aplikasi lain saat proses menulis list judul konten. 

Selain itu biasanya ada notifikasi yang muncul di layar handphone kita tersebut menarik dan kemudian kita klik, sehingga proses list pembuatan konten akan terganggu.

Disini jika anda belum terbiasa membuat konten, bisa kasih keterangan dibawah pada setiap judul list. Misalnya anda membuat judul list hari ke 5, kasih keterangan dibawahnya anda harus melakukan apa atau konsep konten yang anda buat akan seperti apa.

Dengan begitu pembuatan konten anda akan konsisten dan teratur. Dalam membuat list judul dan keterangan konten anda tidak harus membuatnya langsung jadi dalam waktu itu atau satu hari harus jadi.

Namun, anda bisa fokus dulu maksimal tiga hari untuk membuat list dan keterangan konten untuk satu bulan ke depan, dengan perencanaan dan konsep yang matang juga akan menghasilkan konten yang berkualitas.

Anda tidak harus membuat konten secara urut di list yang anda buat. Inilah mencari mood, anda bisa pilih list konten dalam satu bulan yang anda suka terlebih dahulu atau saat mood anda jelek bisa pilih konten yang anda suka, begitu pula sebaliknya jika mood anda lagi bagus bisa pilih konten yang cukup berat dikerjakan.
3. Membuat Konten yang Dekat dan Bisa Anda Lakukan Saat Ini

Konten yang bagus dan banyak dicari oleh penonton tidak selalu yang sulit dan jauh untuk dilakukan. Anda bisa membuat konten yang saat ini dekat, dengan begitu konten yang anda buat bisa terus konsisten dan akan terkonsep dengan sendirinya.

Contohnya anda yang biasanya bisa pergi dan banyak waktu kosong sekarang disuruh jaga warung terus, anda bisa membuat konten dan bahkan berjualan online. Dengan menjaga warung anda bisa membuat konten seputar produk warung, enak dan tidak enak dalam menjaga warung, tipe pelanggan yang datang ke warung dan masih banyak lagi.

Contoh lain, saat anda masih singel tentu waktunya akan lebih banyak dalam melakukan sesuatu dibandingkan saat berkeluarga, apalagi saat sudah mempunyai anak. Disini anda juga bisa memanfaatkan untuk membuat konten seputar kehidupan keluarga dan saat sudah mempunyai bayi bisa membuat tutorial merawat bayi, cara memandikan bayi, cara membuat susu bayi dan masih banyak lagi.