MASIGNASUKAv102
4527995536052318824

4 Tips Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang Mudah Dipahami

4 Tips Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang Mudah Dipahami
Add Comments
Minggu, 08 Mei 2022
Banyak orang keliru mengartikan artikel ilmiah dengan karya tulis ilmiah, memang kedua jenis ini merupakan tulisan yang berdasarkan faktual dalam artian tidak dibuat buat.
Lalu bagaimana si gambaran menulis karya tulis ilmiah yang berkualitas ?. 

Banyak orang gagal faham dengan bahasa artikel ilmiah dengan karya tulis ilmiah, memang sih keduanya sama sama bersifat sistematis, akan tetapi perlu kalian pahami bahwa. Artikel ilmiah biasanya disajikan dalam bentuk murni pengamatan, opini ataupun bahkan mengevaluasi dari artikel-artikel orang lain, akan tetapi karya tulis ilmiah disajikan dalam bentuk penelitian, serta menggunakan metode metode sesuai standar penulisan, yang pada intinya disusun secara terstruktur. 

Tidak perlu khawatir, nih bagi kalian yang sering revisi atau bagi kalian pelajar yang belum pernah sama sekali membuat karya tulis ilmiah, ada berbagai langkah sebelum mulai menulis karya tulis ilmiah, sebelumnya pastikan Anda sudah membaca terkait referensi yang berkaitan dengan penulisan karya tulis ilmiah, pastikan juga anda mengetahui tentang sistematika penulisan karya tulis ilmiah sesuai standar kepenulisan.

Karya tulis ilmiah bukan sekedar makalah, jurnal ataupun opini orang lain yang anda jadikan satu, tanpa mempercantik tulisan-tulisan tersebut, dewasa ini karya ilmiah merupakan sebuah tulisan yang sistematis, disusun berdasarkan metode penelitian secara faktual, dan pembahasannya pada satu topik, intinya berikut akan saya paparkan bagaimana sih agar karya tulis ilmiah kita diterima guru/dosen?, 

1. Pilihlah Topik yang menarik yang bisa dijadikan referensi 

Memilih topik utama dalam pembahasan bukan suatu hal yang mudah, karena penentuan topik akan berpengaruh pada penelitian anda selanjutnya, dengan kalian random (asal) dalam memilih topik, maka jangan berharap tulisan anda akan memuaskan pembaca.

Dengan tepat memilih topik maka akan lebih mudah ke arah mana karya tulis ilmiah akan dibedah dan dibahas, selain itu topik yang menarik akan lebih sering dicari oleh banyak pelajar untuk referensi, kalian juga bisa memilih topik sesuai hobi yang kalian geluti atau tentang permasalahan dalam kehidupan anda, intinya jangan salah memilih topik, karena percuma saja anda menulis berpuluh-puluh lembar, tapi pada akhirnya hanya dicoret merah.
2. Perluas Referensi

Seorang yang kritis akan lebih dulu memperbanyak bacaannya dibanding berbicara di depan banyak orang, begitupun gambaran penilaian karya tulis ilmiah, bahan pustaka yang kredibel menjadi salah satu hal yang paling penting dalam sebuah penelitian, referensi kuantitatif biasanya akan dianggap lebih kuat dalam penulisan.

Pastikan anda memilih referensi yang berkualitas artinya, sesuaikan dengan analisis yang anda pakai, dan banyak banyaklah referensi dari buku, jurnal, ataupun sumber lain yang valid.

3. Evaluasi Setiap Pembahasan

Hal ini sangat penting anda lakukan saat menulis karya tulis ilmiah, pastikan pembahasan yang kalian tulis sudah relevan dengan gagasan ataupun tujuan penulisan anda, dan pastikan anda selalu menge cek setiap halaman yang kalian tulis, agar pembaca bisa mengikuti topik yang anda arahkan dalam karya tulis ilmiah.

4. Editing sesuai Standar Kepenulisan

Selain 3 hal di atas, editing format penulisan merupakan salah satu hal yang paling penting, karena biasanya format kepenulisan akan berpengaruh pada nilai tulisan,dan tentunya  sesuaikan format penulisan dengan kaidah yang.sudah ditetapkan di Instansi atau Perguruan Tinggi, sehingga dengan anda menerapkan hal ini, karya tulis ilmiah akan lebih terstruktur dan mudah diidentifikasi serta berhasil mendapat respon baik bagi para pembaca.
Tunggu apalagi, yuk perbaharui wawasan kalian, jangan terlalu mengikuti alur pikiran orang lain, kita harus pandai dan cermat dalam memilih topik untuk karya tulis ilmiah, so, buat kalian perbanyaklah membaca artikel ataupun jurnal penelitian orang lain. 

Dalam penulisan karya tulis ilmiah, 4 hal di atas akan sangat berpengaruh pada standar kepenulisan, dan jangan terlalu mudah menganalisis suatu permasalahan, karena kecerdasan seorang peneliti akan dipertimbangkan dalam bagaimana ia menganalisis suatu perkara atau permasalahan. Hhhee semangat yaa.