BLANTERORIONv101

5 Tips Untuk Fotografi Perjalanan

20 Juni 2022
Heii guys, gimana lontong sayur atau opor ayam kalian sudah habis?, wkwk di moment lebaran dua makanan ini memang tidak boleh ditinggalkan, pastinya lebaran kali ini mengajak saya sendiri untuk bisa menjadi pribadi yang lebih produktif. Hehe panjang lebar kan jadinya hmm, yaudah dari pada kalian eneg bacanya, mending kalian simak artikel pertama yang saya tulis di moment syawal ini.

Kalian lebih suka traveling ke alam atau lebih ke wisata bermain?, dimanapun wisatanya kalau enggak mengabadikan moment dengan foto rasanya ada yang kurang, bener kan guyss?, berikut ini ada beberapa tips random yang bisa digunakan untuk fotografi saat di perjalanan;

1. Kenali lebih dulu subjek foto
Ketika kalian di moment traveling dan secara diam-diam kalian di foto oleh seorang yang tidak dikenal, dan  orang tersebut publish foto kalian, apakah kalian akan terima begitu saja?, tentu tidak, di satu sisi etika selalu berjalan beiringan dengan apa yang kita lakukan, disisi lain juga kalian tidak mau di foto candid, hal ini sama halnya dengan subjek foto yang akan kita potret.

Cobalah untuk mendekati subjek foto dengan perlahan, kalau bisa jangan terburu-buru mengeluarkan kamera, mulailah mengobrol dan cari tau tentang dirinya kalau perlu, setelah mulai ada kehangatan di obrolan kalian, baru izin untuk mengambil gambarnya, so ini akan terlihat sangat jauh perbedaannya, karena ekspresi akan terlihat lebih natural.
2. Mengambil gambar saat moment “golden hour”
Hampir semua orang tau bahwa golden hour atau momen keemasan adalah waktu yang tepat dalam pembuatan foto lanskap luar ruang, momen ini terjadi pada waktu sebelum matahari terbit dan matahari terbenam, pada waktu ini ada cahaya emas lembut yang akan memanjakan sebagian besar subjek, juga warna yang hangat dan intensitasnya yang lembut, sehingga akan lebih mudah dikerjakan ketika akan diedit.

3. Hindari cliche’
Salah satu hal yang dilakukan selama golden hour begitu popular, seperti banyak gambar saat matahari terbit dan terbenam terkena klise buruk, seperti banyak orang sudah memiliki foto tersebut. Untuk menghindarinya pastikan sebelum traveling riset, sudah terlebih dulu mencari referensi objek apa saja yang sudah sering dipotret dan pastikan saat pengambilan gambar untuk mengambil sudut pandang dan teknik pengambilan yang berbeda dari kebanyakan orang

4. Menangkap landscape yang menawan dan Jangan lupakan detail
Karena pembahasan kali ini tentang trik pengambilan gambar saat traveling, maka seringkali detail-detail kecil luput dari perhatian kita, terkadang hal-hal kecil yang kita temui saat di perjalanan bisa jadi pemanis dalam moment perjalanan kita. 

Maka entah itu foto dengan landscape, seascape mapun cityscape, pelajari lebih dulu teknik pengambilan gambar dengan cara tersebut,dan pastikan mencoba nya terlebih dulu.

Fotografi landscape merupakan salah satu genre yang banyak dituju oleh fotografer amatiran, bagaimana tidak genre satu ini mengandung banyak tantangan teknis yang akan dihadapi, penggunaan landscape dalam pengambilan gambar di alam ternyata dinilai hasilnya lebih bagus dan menawan.

5. Selalu siap dengan kamera
Terkadang moment bagus bukan sekedar keberuntungan, karena dalam moment perjalanan akan selalu ada decisive moment, maka keberuntungan akan berjalan beriringan dengan kesiapan kita. 

Entah itu ketika kita sedang berada di kendaraan atau di jalan, objek atau subjek foto akan selalu ada beriringan, tidak heran jika fotografer professional selalu menenteng barang-barang bawaanya dengan begitu banyak untuk keperluan fotografinya.
5 tips diatas banyak menjadi referensi saat kalian masih selalu gagal mengabadikan moment setiap pejalanan, tunggu apa lagi yuk upgrade hasil potret kalian agar tidak melulu selalu kena klise, abadikan moment kalian saat traveling dengan sempurna, karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di hari esok, bisa jadi foto-foto yang kalian ambil menjadi rujukan para generasi selanjutnya,  jangan lupa berkarya guys...
Han'sRoom
Assalamualaikum... Penulis mengucapkan: selamat membaca dan jangan lupa ikuti blog penulis, terimakasih...

Komentar